Home » , » Perbedaan Pasar Modal dan Pasar Berjangka

Perbedaan Pasar Modal dan Pasar Berjangka

Perbedaan Pasar Modal dan Pasar Berjangka


Pasar Modal

Pasar modal menyediakan instrumen investasi berupa saham dan obligasi beserta turunannya dengan periode investasi yang bervariasi, ada yang jangka pendek, jangka menengah, maupun jangka panjang. Menurut Undang-undang Pasar Modal no. 8 tahun 1995, pasar Modal yaitu sebagai suatu kegiatan yang bersangkutan dengan penawaran umum dan perdagangan efek, perusahaan publik yang berkaitan dengan efek yang diterbitkannya, serta lembaga dan profesi yang berkaitan dengan efek.

Pasar Berjangka

Pasar berjangka menyediakan instrumen investasi derivatif (turunan) dari aset lain baik berupa komoditi maupun keuangan. Pasar berjangka memang ditujukan untuk melakukan aksi lindung nilai. Contoh dari Pasar berjangka adalah pasar indeks, pasar commodity, forex dan lain-lain.

Perdagangan berjangka yang populer dengan Future Market sudah sangat lama dikenal masyarakat bisnis. Tidak terlalu jauh berbeda dengan sistim perdagangan pisik (Cash and Carry), model ini dikembangkan dengan aturan main yang sangat detil dan ketat serta dilengkapi dengan Lembaga Penjamin (Clearing House) yang bertugas menjamin keamanan dana (Margin) dan melaksanakan serah-terima barang (Delivery).

1 komentar:

Blog Posts

Find Me on Facebook

Blogroll


W3 Directory - the World Wide Web Directory
Backlinks Generator Gratis
Auto Backlink