Home » » Pengertian Cegukan dan Cara Mengatasi Cegukan

Pengertian Cegukan dan Cara Mengatasi Cegukan

Agan semua pasti pernah ngerasain yang namanya cegukan, biasanya kalo abis makan tapi tidak disertai minum. Cegukan disebabkan adanya kontraksi tiba-tiba pada diafragma, dan umumnya terjadi berulang-ulang setiap menit. Secara medis, cegukan dikenal sebagai singultus yakni kondisi diafragma yang mengejang di luar kemauan. Cegukan cenderung terjadi ketika tingkat karbondioksida dalam darah merosot terlalu rendah. Selain itu, makanan pedas dan alkohol terkadang juga menjadi pemicu cegukan. Makanan pedas, seperti cabai, lada, dan makanan kari bisa menimbulkan cegukan yang berlangsung selama lebih dari 1 menit. Sedangkan, alkohol yang diminum terlalu banyak bisa menyebabkan iritasi pada saraf yang berfungsi mengendalikan diafragma. Saraf cenderung mendorong terjadinya kejang di dalam otot dan menyebabkan cegukan.

Beberapa hal yang menyebabkan cegukan, antara lain:
  1. Makan terlalu banyak.
  2. Makan terburu-buru.
  3. Menelan terlalu banyak udara.
  4. Merokok.
  5. Perubahan suhu mendadak di perut, seperti meminum minuman panas dan kemudian makan sesuatu yang dingin.
  6. Stres atau emosi yang tinggi terkadang juga memicu cegukan.

Cegukan normal biasanya terjadi 4-60 kali/menit dengan interval yang teratur dan berlangsung selama 10-30 menit. Lalu, ada juga cegukan yang berlangsung lebih dari 48 jam disebut persistent hiccups atau cegukan terus-menerus. Selain itu, ada cegukan yang bertahan lama dari sebulan disebut intractable hiccups atau cegukan keras. Meskipun jarang terjadi, namun cegukan keras bisa menyebabkan kelelahan, kurang tidur dan penurunan berat badan.

Cara mudah mengatasi cegukan :
  1. Menahan napas dan menghitung perlahan sampai hitungan ke-10.
  2. Meminum air tanpa bernapas.
  3. Bernapas berulang kali ke dalam kantong kertas dalam jangka waktu terbatas.
  4. Meminum segelas air dingin.
  5. Makan 1 sendok teh gula atau madu.

Cegukan pada Bayi :
Selain pada orang biasa, bayi juga dapat mengalami cegukan. Sebabnya sama, kontraksi pada diafragma. Berikut ulasannya

Cara mengatasi cegukan pada bayi :

1. Berikan gula lewat jari. Letakkan gula pada dot atau pada jari Anda. Jilat jari Anda / dot dan celupkan ke dalam mangkuk berisi gula. Kemudian letakkan pada mulut bayi, dan biarkan ia mengisapnya selama beberapa menit, dan cegukan kemungkinan besar akan memudar.

2. Berikan makan atau susu asi/botol. Jika Anda habis memberi bayi susu atau memberikan makan, pola napasnya akan berubah setelah makan atau disusui, dan cegukan akan hilang. Ini bisa berlangsung lebih dari beberapa menit agar cegukan berhenti, tetapi terus berikan makan sampai cegukan menurun.Bisa diKasih minum air/susu hangat, setelah disusui.

3. Buat Bersendawa. Jika bayi bisa bersendawa, ini akan membersihkan kelebihan gas dalam perut Bayi. Biasanya bayi akan memberikan satu cegukan keras terakhir sebelum cegukan berakhir.Dan kemungkinan besar ia akan mulai batuk sedikit, tetapi hal ini tidak akan menjadi masalah.Letakkan bayi tengkurap pada dada Anda, kemudian gosok dengan tangan punggungya secara halus.

4. Biarkan bayi Anda berbaring. Tempatkan bayi diatas pembaringan, sehinga akan memungkinkan dia untuk sedikit bergerak. Hal ini akan membantu untuk menyingkirkan setiap gelembung udara menyebabkan cegukan diperut. Cobalah untuk menggosok punggungnya sedikit, atau bermain dengan dia. Membuat bayi aktif akan menyebabkan cegukan mereda.

5. Membuat bayi tetap hangat. Penyebab cegukan seringkali karena bayi kedinginan. Buatlah tubuh bayi hangat dengan cara memberikan baju/selimut hangat pada seluruh tubuhnya. Buat bayi anda senantiasa hangat, terutama saat suhu terasa dingin.


Itu dia gan, pengertian cegukan dan cara mengatasi cegukan. Semoga artikel ini bermanfaat. :)


Tambahan Cara Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa
  1. Tarik nafas dale-dalem trus tahan, klo dah ga kuat nahan lg baru di keluarin
  2. Minum air 21 tegukan
  3. Bisa diatasi dengan dikagetin atau bisa juga minum air putih sambil merunduk
  4. Minum sambil tutup kuping
  5. Minum air dikit demi sedikit tanpa berhenti. Tapi minum airnya yang banyak



Related Keywords:

cegukan
pengertian cegukan
penyebab cegukan
cara mengatasi cegukan
cara cepat mengatasi cegukan
tips mengatasi cegukan
cegukan pada bayi
cara mengatasi cegukan pada bayi
macam macam cegukan
jenis jenis cegukan
tipe tipe cegukan

1 komentar:

  1. oh ternyata baru tau saya penyebab cegukan http://makanan-bayi-ibu-hamil.blogspot.com/

    ReplyDelete

Blog Posts

Find Me on Facebook

Blogroll


W3 Directory - the World Wide Web Directory
Backlinks Generator Gratis
Auto Backlink